Telp Sekarang : 082233757622 / Whatsapp : 082233757622 jenidaihatsu@gmail.com jam Kerja : KAM 08.00-17.00 WIB :
Manfaat & 5 Alasan Kenapa Mobil Perlu Servis Rutin

Manfaat & 5 Alasan Kenapa Mobil Perlu Servis Rutin

Keputusan memiliki mobil dapat didasari oleh berbagai latar belakang. Salah satunya adalah kebutuhan sarana transportasi untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Untuk alasan tersebut tentunya sebagai pengendara pasti sangat tidak menyukai jika kondisi mobil bermasalah ketika digunakan. Agar hal itu dapat dicegah, caranya adalah dengan melakukan perawatan berkala.

Servis berkala atau servis rutin biasanya termasuk prosedur yang diwajibkan oleh pabrikan. Apabila mobil masih dalam masa garansi tapi tidak melakukan perawatan berkala di bengkel resmi maka garansi yang dimiliki tersebut bisa hangus atau tidak berlaku lagi.

Manfaat yang Anda dapatkan apabila melakukan servis berkala pada kendaraan yaitu kondisi mesin kendaraan akan selalu dalam performa yang maksimal. Seiring dengan pemakaian kendaraan untuk keperluan sehari-hari, pastinya beberapa komponen akan mengalami perubahan.

Misalnya seperti saringan udara menjadi kotor, busi menjadi aus, atau kampas rem yang semakin tipis. Pada perawatan berkala, komponen tersebut dilakukan pembersihan atau penyetelan kembali.

Jika ada part mobil yang tidak dapat berfungsi maka akan dilakukan penggantian. Dengan begitu maka kondisi mesin mobil akan selalu dalam kondisi yang maksimal.

Dengan melakukan perawatan kendaraan secara rutin, maka semua sistem bisa dipastikan bekerja dengan baik. Jika kendaraan selalu dalam kondisi yang baik maka pengendara akan terhindar dari perasaan was-was. Berkendara pun menjadi lebih tenang dan nyaman.

Manfaat lainnya adalah dapat mengurangi beban pengeluaran yang lebih besar. Jika masalah pada kendaraan dapat terdeteksi lebih awal sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah dan lebih banyak. Hal ini cukup penting karena pada mobil banyak berbagai system yang saling berkaitan. Dengan mengetahui kondisi lebih awal maka Anda bisa mengatur pengeluaran untuk penggantian komponen yang rusak tersebut.

Mobil mogok di jalan menjadi hal yang paling dihindari bagi pengendara. Dengan melakukan servis berkala maka kondisi tersebut dapat diminimalisir. Kendaraan yang tibna-tiba mogok bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Misalnya seperti kondisi aki yang lemah, aliran bahan bakar yang tidak lancar, sistem pengisian yang tidak normal, minyak kopling habis, dll. Selain itu, resiko akan adanya kerusakan juga dapat dikurangi sehingga umur kendaraan juga menjadi lebih lama.

Sebagai pengguna jalan raya, ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengemudikan kendaraan di jalan raya.

Misalnya seperti melakukan uji emisi untuk menekan tingkat polusi udara. Jika tidak melakukan oerawatan secara rutin maka kendaraan Anda akan sulit memenuhi peraturan tersebut.

Berikut ini alasan kenapa servis mobil itu penting.

1. Memastikan komponen berfungsi

Sering kali kecelakaan mobil terjadi akibat keteledoran atau kelalaian pengendara itu sendiri. Misalnya, terjadinya rem blog disebabkan lupa mengganti kampas rem atau lupa memeriksa minyak rem. Amit-amit jangan sampai ini menimpa kita!

Servis berkala bisa membuat kita terhindar dari malapetaka. Komponen utama kendaraan berfungsi dengan baik dan benar karena perawatan secara berkala.

Umumnya perawatan dan pemeriksaan kendaraan dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin. Jadwalnya bisa mengacu pada buku petunjuk perawatan kendaraan atau tergantung pada kondisi penggunaan kendaraan sehari-hari.

Rumus yang umum digunakan adalah setiap 5.000 kilometer sampai dengan 10.000 kilometer atau setiap 6 bulan satu kali jika kendaraan hanya sesekali saja digunakan dalam satu minggu, misalnya saat akhir pekan saja.

2. Ganti suku cadang penting

Setiap spare parts atau suku cadang mobil punya usia alias masa pakai. Contohnya kampas rem dan kampas kopling.

Sedangkan untuk mobil dengan transmisi otomatis, salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah v-belt. Usia komponen-komponen ini tidak bisa ditawar lagi karena menyangkut keselamatan pengemudi sekaligus penumpang.

Hal ini berbeda dengan komponen yang menyangkut kenyamanan, seperti AC mobil yang mungkin masih bisa ditunda jika harus dilakukan perawatan secara bersamaan. Tapi ya kita mau tak mau harus tahan dengan panas kalau AC tidak berfungsi.

3. Usia mobil lebih panjang

Kalau mengacu pada pemakaian kendaraan oleh perusahaan, mobil rata-rata usianya 4 sampai 5 tahun. Setelah itu, mobil perlu peremajaan.

Hal itu berbeda jika mobil digunakan untuk kebutuhan pribadi. Usia mobil bisa lebih lama, bahkan ada yang bisa digunakan sampai 10 tahun.

4. Hemat pengeluaran

Loh kok keluar biaya servis malah disebut hemat? Ya, menunda-nunda perawatan atau menunggu ganti suku cadang sampai benar-benar aus dan tidak bisa digunakan lagi justru membuat rugi.

Komponen lain yang masih befungsi dengan baik bisa kena imbasnya. Salah-salah, mesin mobil malah turun performanya.

Ujung-ujungnya biaya perawatan akan semakin membengkak. Kerusakan lebih sulit diindentifikasi, bahkan potensi biaya bertambah untuk perbaikan lebih tinggi.

5. Supaya mesin awet

Resep rahasia supaya mesin tetap enak digunakan adalah dengan malakukan perawatan berkala. Perawatan berkala juga akan meningkatkan nilai tawar mobil ketika mau ganti kendaraan.

Kebanyakan diler mobil bekas akan menaksir mobil yang memiliki catatan perawatan rutin dan lengkap dengan harga lebih tinggi. Apalagi perawatan ini dilakukan di bengkel resmi. Harganya bisa jauh lebih tinggi dibanding mobil bekas yang dirawat seadanya.

Stay Connected

Model Terpopuler

Ayla
12 Type
Dilihat: 2488x
Sigra
10 Type
Dilihat: 2075x

Slide Model

Jejak Pengunjung

36845
Visit Today : 23
Visit Yesterday : 26
This Month : 1097
This Year : 13222
Who's Online : 1